Kelapa Muda, Ini Lho 6 Manfaat Mengkonsumsinya

gaespost.com – Kelapa muda, kita semua pasti tahu dan juga pasti pernah merasakannya, selain enak dan menyegarkan,akan tetapi kelapa Muda Juga banyak manfaatnya untuk tubuh manusia, tidak hanya sekadar untuk menghilangkan rasa haus, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa mengatasi gejala dehidrasi ringan, konsumsi air kelapa juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.


Air kelapa kerap menjadi pilihan minuman yang dikonsumsi saat cuaca panas untuk melepas dahaga. Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.


Dalam 1 cangkir atau sekitar 240 ml air kelapa murni, terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi, seperti:


Karbohidrat, Serat, Protein, Vitamin C, dan juga Mineral seperti magnesium, kalium, dan kalsium dan juga mengandung Antioksidan.



Ragam Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Selain menghilangkan dahaga, air kelapa juga dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa yang dapat kita peroleh:


1. Meningkatkan stamina tubuh.


Tak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan stamina tubuh. 

Hal ini berkat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga kita pun bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.


2. Mencegah dehidrasi.


Air kelapa juga kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. 

Meski demikian, kita tetap dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk mencegah dehidrasi.


3. Menjaga daya tahan tubuh.


Air kelapa mengandung beragam antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. 

Meski demikian, manfaat air kelapa ini masih perlu dikaji lebih lanjut.


4. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.


Air kelapa dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.


5. Mencegah penyakit batu ginjal.


Sebuah studi menyebutkan bahwa air kelapa dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini menjadikan air kelapa diyakini efektif untuk mencegah batu ginjal.


6. Menurunkan tekanan darah.


Manfaat air kelapa diduga baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Meski demikian, manfaat air kelapa untuk menurunkan tekanan darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.


Cara Mengonsumsi Air Kelapa yang Tepat :


Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, sebaiknya kita mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Selain itu, kita juga disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya.


Jika kita mengonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan perhatikan kembali kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Kebanyakan air kelapa kemasan sudah tidak lagi murni dan diberi perasa atau gula tambahan. 

Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu tidak baik bagi kesehatan.


Kita bisa menyimpan air kelapa kemasan di dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya. Namun, bila sudah dibuka, segera habiskan air kelapa kemasan tersebut setidaknya dalam waktu 24 jam.


Apabila kita mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan keluhan Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan.



Sumber: dr. Sienny Agustin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *