Beredar Informasi, Pj Gubernur Aceh Akan Melantik 5 Pj Bupati/Walikota

Ilustrasi

gaespost.com | BANDA ACEH – Informasi Yang beredar diberbagai kalangan Pj Bupati/Walikota 5 Kabupaten/Kota di Aceh akan dilantik serentak oleh Pj Gubernur Aceh Mayjend (Purn) TNI Achmad Marzuki pada Kamis 14/7/2022 di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Mengingat Kelima Bupati/Walikota definitif sudah berakhir masa jabatannya, kelima Kepala daerah tersebut meliputi, Aceh Besar, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, dan Bener Meriah.

Namun, berdasarkan informasi yang himpun, dalam tiga hari terakhir, dari berbagai sumber, memperkirakan untuk Pj Bupati Aceh Besar bakal dilantik Muhammad Iswanto yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh.

Muhammad Iswanto akan melanjutkan estapet kepimpinan yang ditinggalkan Mawardi Ali sebagai Bupati setempat, telah habis masa periodenya sejak, Minggu, (10/07 2022) lalu.

Kemudian, posisi Pj Bupati Aceh Utara bila tidak berubah bakal dipercayakan kepada Azwardi Abdullah yang kini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe. Azwardi Abdullah akan menggantikan Bupati setempat, Muhammad Thaib yang telah berakhir masa jabatannya sejak, Selasa (12/07/2022) kemarin.

Terus, jabatan Pj Walikota Lhokseumawe disebut-sebut, Mendagri Tito Karnavia telah menunjuk, Imran yang kini menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polhum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Imran sendiri akan menggantikan Suaidi Yahya sebagai Walikota setempat, yang juga sudah berakhir masa tugasnya sejak, Selasa (12/07/2022) kemarin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Mahyuddin yang kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Timur bakal dilantik menjadi Pj Bupati setempat, menggantikan Bupati Hasballah Bin M Thaib yang akan berakhir masa periodenya mulai, Rabu (13/07/2022) hari ini.

Sedangkan, Sekda Bener Meriah, Haili Yoga bakal dilantik sebagai Pj Bupati setempat, menggantikan Bupati Sarkawi yang akan berakhir masa tugasnya, Kamis (14/07/2022) besok.

Seperti diketahui sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Aceh, M Jafar SH MHum kepada antarannews.com, Selasa (12/07/2022) membenarkan, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki akan melantik secara serentak lima Pj Bupati dan Walikota tersebut, Kamis (14/07/2022) di Banda Aceh yang bertempat di Kantor Gubernur Aceh.

“Kalau siapa yang ditunjuk Mendagri sebagai Pj kelima Kepala Daerah tersebut, saya tidak tahu,” elaknya, ketika ditanyai seputar nama-nama kelima Pj Bupati dan Walikota yang akan dilantik tersebut.

Sementara, Pj Gubernur Aceh juga sudah menunjuk empat Sekda masing-masing setempat, sebagai Pelaksana harian (Plh) Bupati/Walikota menggantikan Kepala Daerahnya yang sudah berakhir masa tugasnya meliputi, Aceh Besar, Aceh Utara, Lhokseumawe dan Aceh Timur.

Tindakan ini, dilakukan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, guna menghindari terjadinya kekosongan jabatan Kepala Daerah, lantaran Pj Bupati/Walikota masing-masing Kabupaten/Kota belum bisa dilantik, karena masih dalam suasana liburan hari raya Idul Adha.[]

Sumber : Antarannews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *