Yeyen : Kota Langsa Layak Sebagai Kota Kuliner Berbasis UMKM

Suasana di salah satu sudut Kota Langsa

gaespost.com | LANGSA – Kota Langsa sebuah kota pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur, pada awalnya Kota Langsa berstatus Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 1991 tentang Pembentukan Kota Administratif Langsa. Kota Administratif Langsa diangkat statusnya menjadi Kota Langsa berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 tanggal 21 Juni 2001. Hari jadi Kota Langsa ditetapkan pada tanggal 17 Oktober 2001. Kota Langsa terkenal sebagai kota pendidikan, kota perdagangan, kota kuliner atau makanan, dan kota wisata.


Banyak Warga diseputaran atau dari kabupaten tetangganya yang berkunjung ke Kota Langsa untuk berwisata atau hanya sekedar untuk menikmati kulinernya.


Suasana pusat jajanan di Kota Langsa sangat menjanjikan dalam rangka menumbuh kembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi pegiat usaha kecil di Kota Langsa.


Hal tersebut diungkapkan salah seorang Pemerhati UMKM di Kota Langsa, Sitti Afry Mahyeni, ST, akrab disapa Yeyen kepada awak media, Selasa 19/07/2022.


“Dalam rangka memajukan dan menumbuh kembangkan usaha mikro kecil menengah, paling utama adalah minat usaha dan peluang pasar oleh masyarakat demi peningkatan pendapatan perekonomian rakyat menuju ekonomi mandiri secara bertahap,” ujar Yeyen.


Untuk mendukung semua itu, pihak Pemerintah Kota (Pemko) Langsa harus mendukung dan mendongkrak usaha masyarakat melalui pemeliharaan dan pengelolaan berbasis usaha mikro seperti mendukung area pusat jajanan rakyat di Kota Langsa dengan sudut pandang ekonomis dan dinamis secara terstruktur.


“Pemko harus lebih mengedepankan terciptanya perputaran ekonomi secara rutin dan berkelanjutan diarea pusat jajanan rakyat Kota Langsa,” kata Sitti Afry Mahyeni.


Semua itu, menurut Yeyen akan semakin bertumbuhnya perekonomian rakyat serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah karena Kota Langsa dikenal sebagai Kota pusat kuliner dan wisata lokal bagi daerah seputaran dan daerah tetangganya.


“Mari kita bersama upayakan dan pertahankan kondisi pertumbuhan dunia usaha kecil menengah skala mikro serta menciptakan peningkatan minat pasar bagi pengunjung dikawasan pusat jajanan dan kuliner di Kota Langsa secara sustanable,” ajak Yeyen.[]

Reporter : S A P.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *