Rental Mobil Medan

Pj Bupati Aceh Utara Dampingi Pangdam IM Tinjau Lahan Jagung di Sawang

Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, turut serta bersama Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen Novi Helmy Prasetya, MIP, meninjau lahan lokasi rencana pengembangan tanaman jagung di Gampong Ulee Geudong Kecamatan Sawang, Rabu, 10 Mei 2023.
Panglima Kodam IM Mayjen Novi Helmy Prasetya dan rombongan tiba di Gampong Ulee Geudong pada Rabu sore sekitar pukul 18.15 WIB, disambut oleh Pj Bupati Azwardi, AP, MSi, turut didampingi oleh Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel  Kav Kapti Hertantyawan dan Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono, MIP.
Dalam kunjungan tersebut Pangdam IM secara khusus meninjau areal yang akan dipakai untuk budidaya tanaman jagung. Penanaman jagung yang diinisiasi oleh Kodam IM ini bertajuk “I ‘M Jagong” merupakan bagian dari program pengembangan ekonomi masyarakat dan menjaga ketahanan pangan nasional, khususnya melalui bidang budidaya pertanian tanaman pangan.
Program penanaman jagung ini terlaksana atas kerjasama pihak Kodim 0103/ Aceh Utara dengan Kelompok Tani Gerakan Petani Ulee Geudong (Garpu) diketuai oleh Mahmudi, dengan luas areal 50 hektar. Areal ini akan mulai ditanami pada 20 Mei 2023 mendatang. Kawasan perbukitan ini merupakan lahan tadah hujan, namun juga telah dilengkapi dengan sumur bor untuk kebutuhan pengairan.
Pangdam IM Mayjen Novi Helmy Prasetya, MIP, pada kesempatan itu juga melakukan silaturahmi dengan petani setempat. Dalam arahannya Pangdam mengatakan penanaman jagung ini akan terus dimonitoring pihaknya, mulai dari pengadaan benih terbaik, pengadaan pupuk, juga hasil panen nanti akan dibeli pihaknya dengan harga standar nasional sebagai bahan baku pakan ternak.
Mayjen Novi mengatakan pihaknya menargetkan penanaman jagung di seluruh wilayah Aceh mencapai 3.000 hektar, dengan rincian di wilayah Korem 012/TU seluas 1.000 hektar, di wilayah Korem 011/LW seluas 1.000 hektar, dan di wilayah Kodim 0101/Aceh Besar 1.000 hektar.
Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono, MIP, dalam laporannya mengatakan pihaknya menyiapkan dua lokasi lahan jagung di Kabupaten Aceh Utara, yaitu di Kecamatan Sawang dan Kecamatan Langkahan.
Di lokasi Gampong Ulee Geudong Kecamatan Sawang saat ini sudah selesai olah tanah seluas 2 hektar, di mana akan dilakukan penanaman perdana pada 20 Mei mendatang.
Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, sangat mengapresiasi program budidaya tanaman jagung yang digagas oleh Kodam IM berlokasi di Gampong Ulee Geudong Kecamatan Sawang. “Alhamdulillah dengan adanya penanaman atau budidaya jagung seperti ini akan banyak lahan tidur yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat, apalagi untuk program ini dibantu oleh pihak Kodam mulai dari pengolahan tanah, pengadaan pupuk, dan penyediaan benih jagung,” kata Azwardi.
Azwardi mengharapkan kepada masyarakat tani yang mendapat bantuan untuk budidaya tanaman jagung agar memanfaatkannya dengan baik, sehingga program ini dapat menjadi pemicu dan pemacu denyut ekonomi pertanian di kawasan ini.
Pengembangan budidaya tanaman jagung di lahan masyarakat ini tentu saja sangat strategis, apalagi masyarakat juga difasilitasi untuk mendapatkan bantuan modal KUR dari perbankan. “Kita sangat yakin bahwa program ini akan sukses untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, untuk itu masyarakat pun harus serius dan kontinue melanjutkan budidaya ini pada waktu-waktu mendatang.”
Sejumlah pejabat Aceh Utara turut hadir  pada acara itu, di antaranya Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Lilis Indriansyah, MP, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Syarifuddin, ST, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Erwandi, SP, MSi, dan Kabag Humas Muslem Araly, SSos.
Rental Mobil Medan