Rental Mobil Medan

Kruuu Seumangat…, Aceh Utara Sabet Dua Piala Pada Ajang Gelar TTG Aceh

Kabupaten Aceh Utara berhasil menyabet dua gelar juara dari arena Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG)- XXIV Tingkat Provinsi Aceh yang digelar di Jantho Sport City, Kota Jantho.
Kedua gelar juara tersebut masing-masing adalah Juara I Lomba Desa Se-Aceh yang diraih oleh Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu dan Juara III untuk Alat TTG yang diraih oleh inventor Geuchik Mahyidin dari Gampong KM-8 Kecamatan Simpang Keuramat.
Perolehan kedua juara dimaksud ditandai dengan penyerahan piala kepada duta dari Bumi Malikussaleh tersebut, masing-masing untuk Juara I Lomba Desa diserahkan oleh Ir Mawardi, MT, Asisten II Bidang Administrasi dan Pembangunan atas nama Penjabat Gubernur Aceh, di Jantho Sport City, Selasa malam, 30 Mei 2023.
Sedangkan Juara III Alat TTG diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PMG) Provinsi Aceh Dr Zulkifli, MSi, kepada Geuchik Mahyiddin, yang turut didampingi oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi.
Usai menyerahkan sejumlah piala kepada para pemenang tersebut, Ir Mawardi, MT, atas nama Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki dalam sambutannya menyampaikan agar prestasi yang sudah diraih oleh masing-masing pemenang dan inventor ini dapat membawa multi efek bagi peningkatan ekonomi masyarakat di wilayahnya masing masing.
“Kami sangat berharap, pemanfaatan  alat TTG dapat lebih maksimal di masyarakat, demi peningkatan ekonomi masyarakat, serta keberadaan alat TTG yang akan dikembangkan nantinya juga tidak terpisah dengan struktur sosial masyarakat,” sebut Mawardi.
Sebelumnya, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Dr Zulkifli, MSi, dalam laporannya mengatakan, gelar  TTG ini merupakan agenda nasional yang dilaksanakan secara berjenjang. Di mana untuk tahun ini pelaksanaan lomba tingkat nasional akan dilaksanakan di  Provinsi Lampung.
“Dan kegiatan ini diikuti oleh unsur kabupaten/kota, Gampong, posyantek dan para inventor  alat TTG. Seluruh pemenang tingkat provinsi ini akan mewakili Aceh di tingkat nasional nantinya,” tandas Zulkifli. 
Sedangkan Pj Bupati  Aceh Besar,  Muhammad Iswanto, daIam sambutannya mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Aceh kepadanya sebagai tuan rumah pelaksanaan Gelar TTG-XXIV Tahun 2023, dan pihaknya juga sudah mempersiapkan berbagai hal sejak beberapa bulan lalu. Ia mewakili dan atas nama Pemkab Aceh Besar mengajak semua pihak untuk memeriahkan even TTG ini. 
Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, di sela sela acara tersebut mengatakan bahwa kedua prestasi yang diraih oleh Kabupaten Aceh Utara tersebut, baik oleh Gampong Mane Tunong sebagai Juara I lomba Desa, maupun Inventor Geuchik Mahyiddin sebagai Juara III Alat TTG merupakan buah dari kerja keras, keseriusan, dan kerjasama tim-nya masing-masing, serta kerjasama seluruh Stakeholder terkait lainnya. “Dan ke depan kita berharap akan muncul lebih banyak lagi prestasi-prestasi kita lainnya, dalam berbagai even dan kompetisi-kompetisi lainnya,” tandas Azwardi.
Data lengkap pemenang Lomba Desa Tingkat Provinsi Aceh sebagaima dilaporkan oleh panitia, adalah  Juara I diraih oleh Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu – Aceh Utara, Juara II Gampong Lubuk Batee Kecamatan Ingin Jaya – Aceh Besar dan Juara III Gampong Meunasah Timu Kecamatan Peusangan – Bireuen,
Juara Harapan II Gampong Cekal Baru Kecamatan Timang Gajah – Bener Meriah, Juara Harapan I Gampong Penyeurat Kecamatan Banda Raya – Banda Aceh.
Sedangkan Lomba Inovasi Alat  TTG, Juara III diraih oleh Inventor Mahyidin Abubakar, alias Geuchik Mahyeddin, (Aceh Utara), dengan nama alat Peneurah Kelapa Sawit atau alat pemeras buah kelapa sawit, Juara II Amrizal (Bener Meriah, Pompa Air Tenaga Kincir), dan Juara I diraih oleh Khairul (Pidie Jaya, mesin pembersih ring tutup gelas kemasan).
Rental Mobil Medan