Rental Mobil Medan

Cuaca Ekstrem Picu Kenaikan Harga Cabai di Panton Labu

Cabai Merah di Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Aceh Utara Kembali Melunjak Naik. (Photo : A Rafar)

 

Aceh Utara, OBE I Harga cabai merah di Pasar Rakyat Kota Panton Labu Kabupaten Aceh Utara,naik dratis dikisaran Rp 70.000 per kilogram. Cuaca yang ekstrem disebut menjadi salah satu penyebab dari kenaikan harga tersebut.

 

Beberapa hari yang lalu, hargai cabai merah di Kota ujung timur Kabupaten Aceh Utara ini berkisar Rp 50.000 per kilogram. Kemudian terjadi kenaikan bertahap hingga kini di angka Rp 70.000 per kilogram.

 

Menurut pedagang sayuran di Pasar Rakyat Kota Panton Labu bernama Wildan (25), harga cabai merah dalam tiga hari ini berkisar Rp 70.000 per kilogram. Harga normalnya cabai merah berada di kisaran Rp 35.000-Rp 40.000 per kilogram.

“Cabai merah Rp 70.000 per kilogram, ini sudah tiga hari
naik jadi Rp70.000 per kilogram,sebelumnya, kalau normal Rp 35.000-Rp 40.000 per kilogram . Kurang tahu ini bakal naiknya sampai kapan, tergantung pasokan saja.

Untuk saat ini pasokan dari Grong-grong (Pidie),Tanah Karo(Sumut) dan Tanah Gayo(Aceh Tengah),sangat berkurang,semua karena faktor cuaca,”tutur Wildan,Selasa 14/11/2023.

Menanggapi kenaikan harga cabai merah yang tengah melonjak, seorang ibu rumah tangga bernama Fatimah (45) mengeluh pengeluaran bulanan untuk belanja juga ikut membengkak, menyusul naiknya harga-harga komoditas pangan.
“Harga gula pasir naik,bawang merah jawa pun mulai bergerak naik lagi, otomatis biaya pengeluaran untuk belanja dapur jadi naik semua.

Mudah-mudahan komoditi dapur segera turun harga,”harap Fatimah.

 

Reporter : A Rafar

Editor      : Alman

Rental Mobil Medan