Rental Mobil Medan

Aplikasi Meutuwah Nanggroe Bantu SMAN 1 Matangkuli Gelar Try Out Mandiri 

Aceh Utara, OBE | Sebagai persiapan kelas XII menuju Perguruan Tinggi, berbagai persiapan dilakukan di SMA Negeri 1 Matangkuli. Mulai dari sosialisasi dan mengenal jurusan serta sistem pendidikan perguruan tinggi, mulai dengan memodifikasi kurikulum hingga melaksanakan try out dengan menggunakan aplikasi.

 

Dimana para Siswa di SMA Negeri 1 Matangkuli diharapkan menjadi lulusan tangguh yang mampu bersaing menuju perguruan tinggi nasional.

 

Lewat Aplikasi Meutuwah Nanggroe ribuan soal untuk dapat diujicoba oleh siswa sebagai bahan belajar mandiri mempersiapkan diri menuju Seleksi Nasional Berbasis Test (SNBT) ke perguruan tinggi.

 

Aplikasi ini sendiri merupakan karya dari Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, melalui program Guru Inti SNBT. Pola aplikasi memang didesain untuk belajar mandiri siswa. Meutuwah Nanggroe dapat diakses kapan saja. Siswa dapat menjawab soal sebanyak 100 soal dalam 2 jam. Aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore ini sendiri menyediakan soal Potensi Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Literasi dalam Bahasa Inggris.

Semakin sering membuka Meutuwah Nanggroe, semakin berbeda soal yang ditampilkan, sehingga siswa dapat lebih kaya pemahaman dan kecakapan. Siswa dapat menilai diri sendiri dalam latihan mandiri mereka, tinggal membuka email untuk melihat jawaban yang benar atau salah. Siswa dapat mengkonfirmasi hasil jawaban mereka pada guru bidang studi di sekolah.

“Aplikasi Meutuwah Nanggroe sangat membantu kami yang siswa kami berlatar belakang ekonomi rendah namun punya keinginan kuliah yang tinggi. Berharap kami mendatangkan lembaga bimbingan belajar ke sekolah, tentu saja sangat mahal dalam jangkauan siswa. Apalagi jika siswa harus megikuti bimbel di luar, sedikit sekali atau bahkan tidak ada yang bersedia. Selain mahal juga jauh. Keberadaan Meutuwah Nanggroe hanya tinggal memantik keaktivan siswa untuk senantiasa belajar mandiri, berlatih, menilai diri, belajar lebih giat lagi”, ujar Khairuddin, Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli, Sabtu, 2/11/2023.

Bahkan pada aplikasi Meutuwah Nanggroe juga disediakan versi pdf yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk melakukan pembelajaran di kelas atau siswa yang ingin berlatih dulu sebelum menjawab soal di aplikasi.

“Try out yang kami laksanakan ini meski menggunakan aplikasi tanpa melibatkan lembaga bimbingan belajar sebenarnya untuk membiasakan siswa belajar mandiri. terus mengakses hingga memperoleh kepercayaan diri melanjutkan ke perguruan tinggi melalui jalur tes. Kami guru di sekolah, siap mendampingi siswa untuk mengkonfirmasi hasil belajar mereka melalui aplikasi” Imbuh Baiturrahmi,(2/11) selaku penanggung jawab kegiatan yang juga merupakan salah satu Guru Inti Dinas Pendidikan Provinsi Aceh bidang Studi Matematika. (RLS/Alman).

Rental Mobil Medan