Rental Mobil Medan

Dayah: Menara Kemandirian, Kilau Disiplin dan Pelopor Keterampilan Sosial

Salah Seorang Alumni Dayah BUDI Lamno Tgk. Dr. Bukhari, M.H., CM,. (Photo : ist)

 

Lamno, OBe I Alumni Dayah BUDI Lamno Tgk. Dr. Bukhari, M.H., CM berbicara tentang Pendidikan dan proses pembelajaran di Dayah, Dayah bukan hanya sekedar tempat untuk belajar Agama, tetapi juga merupakan lingkungan yang ideal untuk membentuk karakter dan nilai-nilai positif.

 

Dalam realisenya yang diterima media ini pada Sabtu, 11/5/2024, Tgk. Bukhari menekankan pentingnya nilai kemandirian yang diajarkan di Dayah.

“Di dayah, semua dilatih untuk bertanggung jawab atas diri sendiri,” ujarnya.

” Belajar mengatur waktu, menjaga kebersihan, dan mengurus kebutuhan pribadi tanpa bergantung pada orang lain. Hal ini mengajarkan bahwa kemandirian adalah fondasi yang penting dalam mencapai kesuksesan.” Jelas Tgk Bukhari.

 

Selain kemandirian, disiplin juga menjadi nilai yang ditanamkan secara mendalam di Dayah. Tgk. Bukhari mengungkapkan bahwa hidup di dayah menuntut disiplin yang tinggi, dengan jadwal harian yang ketat dan berbagai aturan yang harus diikuti.

“Keterlambatan atau ketidakpatuhan terhadap aturan dapat mengakibatkan sanksi. Ini mengajarkan  untuk menghargai waktu dan menjalani kehidupan dengan teratur,” tambahnya.

 

Dayah juga menjadi tempat di mana keterampilan sosial terbentuk. Tgk. Bukhari menceritakan bagaimana hidup bersama santri lainnya mengajarkan pentingnya kerja sama dan komunikasi yang efektif.

“Belajar untuk hidup dalam komunitas, bekerja sama, dan saling menghormati,” papar alumni Dayah Budi Lamno itu.

 

“Keterampilan sosial yang di dapatkan di dayah membantunya dalam banyak aspek kehidupan hingga hubungan dengan orang lain.” Ujarnya.

 

Sebagai alumni Dayah BUDI Lamno, Tgk. Bukhari merasa bangga dengan nilai-nilai yang dia peroleh selama di Dayah.

Dia berharap pengalaman dan pengetahuan dapat menginspirasi generasi lainnya dan mereka yang tertarik pada pendidikan dayah.

“Dayah bukan hanya tempat belajar agama, tetapi juga tempat untuk membentuk karakter dan menjadi pribadi yang kuat,” tegasnya.

Dengan Dayah yang terus berkembang dan beradaptasi dengan zaman, Tgk. Bukhari percaya bahwa institusi ini akan terus menjadi bagian penting dalam membentuk generasi yang berilmu, berkarakter, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat. (rls/alman)

 

Rental Mobil Medan