Rental Mobil Medan

Pj Bupati Aceh Utara Inisiasi Aksi BIS di Masjid-Masjid Sepanjang Jalan Nasional

 

Aceh Utara, OBe I Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar gotong royong massal bertajuk aksi Bersih Indah dan Sehat (BIS) di masjid-masjid di sepanjang Jalan Nasional di daerah itu. Kegiatan itu diinisiasi oleh Pj Bupati Dr Mahyuzar, MSi, mulai dilaksanakan pada Jumat, 28 Juni 2024.

Pj Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, didampingi Kepala Dinas Syariat Islam Hadaini, SSos, mengatakan Aksi BIS dilaksanakan di masjid-masjid sepanjang Jalan Nasional atau Jalan Raya Banda Aceh – Medan, mulai dari Krueng Mane Kecamatan Muara Batu hingga ke Panton Labu Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Kegiatan itu, kata dia, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Aceh Utara Nomor 839 Tahun 2024 tentang Aksi Bersih, Indah dan sehat (BIS) Masjid Sepanjang Jalan Nasional dalam Kabupaten Aceh Utara, yang dikeluarkan pada 24 Juni 2024. Antara lain meminta seluruh Kepala SKPK hingga Sekretariat Kecamatan agar melakukan aksi BIS di masjid-masjid sepanjang Jalan Nasional, sehingga pengunjung dari luar daerah merasa nyaman, aman dan damai serta tertarik untuk singgah.
Kepada para Kepala SKPK juga diminta untuk mengajak para karyawan/karyawati serta masyarakat umum untuk ikut bersama-sama melakukan aksi BIS minimal selama 1 jam setiap hari Jumat pada lokasi masjid yang telah ditentukan.

“Adapun hal-hal yang menjadi objek aksi adalah terkait dengan kebersihan dan kesucian lantai masjid, serta perlengkapan shalat seperti karpet, ambal, tikar, sajadah, tabing dan mukena. Juga kebersihan tempat wudhuk, kebersihan WC/kamar mandi, kebersihan lingkungan masjid, serta taman penghijauan pekarangan masjid,” kata Hadaini.

Pj Bupati Mahyuzar mengatakan, dengan adanya Aksi BIS diharapkan masjid-masjid di sepanjang Jalan Nasional dalam Kabupaten Aceh Utara menjadi persinggahan yang nyaman untuk beribadah dan beristirahat, lebih-lebih lagi bagi pengunjung atau musafir dari luar daerah.

Menurut catatan Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara, sedikitnya terdapat 22 unit bangunan masjid dalam Kabupaten Aceh Utara di sepanjang Jalan Nasional. Mulai dari ujung barat Masjid Al Izzah Keude Mane di Kecamatan Muara Batu, hingga paling timur Masjid Raya Pase Kota Panton Labu Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Dalam rangka pelaksanaan aksi BIS dimaksud, Pemkab Aceh Utara telah menetapkan SKPK-SKPK yang mengkoordinir dan terlibat langsung dalam kegiatan gotong royong di setiap masjid tersebut. “Kegiatan itu akan dilaksanakan setiap Jumat, bukan hanya pada hari ini (Jumat, 28 Juni 2024), untuk itu kita sangat mengharapkan agar aksi BIS dapat terus berlanjut dan betul-betul dilaksanakan untuk kebersihan dan kenyamanan tempat ibadah di daerah kita,” harapnya. (alman)

Rental Mobil Medan